Ngaji bersama Simbah Kakung (Gusmusgusmu) #5

Alm. Gus Dur bersama Gus MusBerikut adalah kutipan tanya-jawab KH. Musthofa Bisri dengan followernya di Twitter, dengan penyuntingan seperlunya: (T=Tanya; J=Jawab; S=Statement/Status; R=Retwite). Semoga bermanfaat.

 

::

 

S : Melecehkan keyakinan orang lain itulah yg sering menimbulkan masalah dalam pergaulan masyarakat yg majmuk seperti masyarakat kita ini.

 

S : Agar DPR tidak tercemar, bagaimana kalau nama2 anggota DPR yg mencemarinya disiarkan ke publik; sekalian utk catatan rakyat di pemilu y.a.d. Atau biar lebih ringan dan tak banyak kerjaan, disiarkan saja nama2 anggota DPR yg masih wajar, yg tdk memuakkan.

 

S : (3 hal membuat perempuan menangis: 1. Ungkapan pedas yg melukai, 2. Kehilangan org yg dicintainya, 3. Mengenang keindahan yg berlalu)

 

T : bisakah suudzon dlm tataran yg tepat adalah bntuk suatu kewaspadaan?

J : Ya. Lihat2. Kalau polisi husnudzon terus ya gak baik. :)

 

T : Andai kekayaan gusmus Rp 225 Triliun apa yg GusMus lakukan?

J : Akan aku serahkan kpd Bapak utk digunakan sesukanya.:))

T : pak kiayi bagaimana menilai seorang calon istri yg baik menurut anda? :) hehe

J : Seperti calon suami, nomer satu: akhlaknya.

 

T : pertanyaan dr orang2 kok suka aneh2 ya..

J : Ya, maklum orang banyak. Asal maklum saja bila tak terbalas.

 

T : Saya agak khawatir twit penilaian yang kurang garam tidak keluar :)

J : Nahnu nahkumu bizhzhawãhir! :))

 

T : Gus jika tmpt kita bekerja gak buat kita maju menurut gus gmn?

J : Cari yg bisa buat maju di tempat lain.

 

T : sy mau tanya,bagaimana menurut Ustadz mengenai maraknya ustad/ustadzah yg jadi bintang iklan suatu produk?

J : Itu hak mereka.

 

T : Sugeng siang gus..pripun kabare jenengan..mugi2 sae..;)

J : Alhamdulillah, pangestuné. Mugi2 Sampeyan ugi saé.

 

T : Gus…kalau anak muda menceramahi orang tua apa itu boleh??dosa nggak?? Matur suwun

J : Tergantung yg diceramahi mau nggak?

 

T : gimana cara nya utk bisa sabar ?

J : BERLATIH. Olah jiwa itu seperti juga olah raga, kunci suksesnya: berlatih.

 

T : pak kiai jika jam segini ada yg kasidahan di masjid menggunakan speaker keras2 gmn? nuhun

J : Itu jelas org tak ngerti agama.

 

T : hari ini ngimami jum’atan ten pundi, Kyai?

J : Aku sudah lama tidak ngimami Jum’atan.

 

T : minta izin badhe derek nyantri via twitter dateng jenengan, pareng gus

J : Di twitter ini, mari saling belajar.

 

T : kyai, ini serius. NU bs terima Ahmadiyah & GKI Yasmin dll. Tp knp tdk bs menerima MTA spt di Kudus? Mohon pencerahan…

J : Mungkin karena Ahmadiyah & GKI Yasmin tidak menyerang/ melecehkan NU dan kiai2 NU seperti MTA.

 

T : apa jawaban yg paling keren, Gus, ketika ada yg bertanya, kemanakah kita akan pulang? big thanks..

J : KepadaNya.

 

T : aku mau tanya Gus, kata KAMI pd suatu ayat Al Qur’an itu maknanya apa yah? trima….

J : Lho, KAMI itu makna.

 

T : knp ga buat lukisan lagi. Karya mas yang berjudul berdzikir bersama inul sangat bagus mas.

J : Masih buat kok.

 

S : Hati2. Kerakusan harta dan pangkat bisa menjurus kepada ‘kerakusan dosa’ : mencuri, menyogok, menipu, memfitnah…

 

T : klo setan dr api apa efeknya bagi setan klo dia tinggal di neraka?masak api ketemu api?

J : Aku tak tahu dan tak ingin tahu.

 

T : Nabi Muhammad SAW diutus semata-mata untuk menyempurnakan budi pekerti luhur. Ke-Islam-an seseorang pun diukur dari tingkat budi pekertinya.Lebih nyata manusia atau tuhankah pak?? :)

J : Maksud lo? :))

 

T : afwan Gus,,dosa ga kalau kita lupa punya janji karena bener2 lupa tapi besok_a kita baru ingat

J : Lupa atau tdk tahu, tdk dosa.

 

S : Di Quran, Allah tdk memuji ketampanan dan kepandaian nabi Muhammad; pdhl beliau tampan dan pandai sekali. Budipekerti beliaulah yg IA puji.

 

T : Gus ayat al quran apakah yg mampu melembutkan hati kita ataupun hati orang lain?!Matur sembah nuwun…(^^,)

J : Semua.

 

T : bgimana nasib orng gila di akhirat nani? Dia kan g pernah sholat..

J : Orang gila tidak wajib salat.

 

T : ketika anda muda gus bagaimana mengatasi kegalauan di mlm minggu? apa jaman itu sdh ada galau? :)

J : Baca Quran.

 

T : bisa dcontohkan sdikit tentang budipekerti yg baik pak kyai, ☺

J : Baca surah Al-Hujurãt. Lbh jauh bc Sirah Nabi.

 

T : Gus, ajari bacaan shalawat yg mudah & baik. Nuwun

J : Yg seperti waktu salat/tahiyyat itu mudah dan bagus.

 

T : Bedanya budi pekerti dgn Akhlak nopo njih gus?nuwun

J : Menurutku, SAMA.

 

T : Esensi Shalat itu apa? Terima kasih

J : Dzikir dan syukur. Wallahu a’lam.

 

T : Dan Rasul itu kaya ya yai

J : Ya. Sebenar-benar kaya. Kaya batin.

 

S : AKU MERINDUKANMU,

O, MUHAMMADKU Aku merindukanmu, o, Muhammadku Sepanjang jalan kulihat wajah2 yg kalah Menatap mataku yang tak berdaya

Sementara tangan2 perkasa Terus mempermainkan kelemahan Airmataku pun mengalir mengikuti panjang jalan Men-cari2 tangan Lembut-wibawamu

Dari dada-dada tipis papan Terus kudengar suara serutan Derita mengiris berkepanjangan Dan kepongahan tingkah-meningkah

Telingaku pun kutelengkan Berharap sesekali mendengar Merdu-menghibur suaramu Aku merindukanmu, o. Muhammadku

Ribuan tangan gurita keserakahan Menjulur-julur kesana kemari Mencari mangsa memakan korban Melilit bumi meretas harapan

Aku pun dengan sisa-sisa suaraku Mencoba memanggil-manggilmu O, Muhammadku, O, Muhammadku! Dimana-mana sesama saudara

Saling cakar berebut benar Sambil terus berbuat kesalahan Qur’an dan sabdamu hanyalah kendaraan Masing-masing mereka yang berkepentingan

Aku pun meninggalkan mereka Mencoba mencarimu dalam sepi rinduku Aku merindukanmu, O, Muhammadku Sekian banyak Abu jahal Abu Lahab

Menitis ke sekian banyak umatmu O, Muhammadku – selawat dan salam bagimu – Bagaimana melawan gelombang kebodohan

Dan kecongkaan yang telah tergayakan Bagaimana memerangi Umat sendiri? O, Muhammadku Aku merindukanmu, o, Muhammadku

Aku sungguh merindukanmu. Selawat dan salam untukmu, wahai pemimpin kami nan agung

صلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين..

 

T : Gus, jika bingung menentukan pilihan, langkah yang baik yang harus diambil apa ya gus?

J : Salat istikhãrah.

 

T : Assalamualaikum mbah,,mohon petunjuk mbah,,yg dimaksud musykil apa ya mbah??? di dlm buku Membuka Pintu Langit,,makasih mbah…

J : Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Musykil = sulit diterima akal.

 

T : gi mana cra nya supaya berhenti minuman ?

J : Berhenti saja. Ganti air sehat, air putih.

 

T : Asslam,, gus obatnya peredam amarah apa?

J : Wa’alaikumussalam ww. Berwudhuk. Bila sedang berdiri, duduklah.

 

T : Assalmuakaikum Gus, mau tanya kalau malam tadi sudah masuk tgl 12 Rabiul awal belum? lihat kalender sangat membingungkan..

J : Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Tanggalan Hijriyah itu Qamariyah, jadi awal tanggalnya maghrib.

 

T : assalamualaikum…gus doa agar terhindar dr gangguan spt tenung ,bgaimana??trimmm..

J : Wa’alaikumussalam wrwb. Ayat Kursi dan HasbiyaLlãh… (ayat terakhir 9.At-Taubah)

 

T : kyai sama dukun biasanya bermain di kedua sisi mata uang :)

J : maksud lo?

 

T : assalamualaikum Gus, apa Gus berminat kalo seandinya membintangi iklan produk di tv. Suwun…

J : Amit2 jabang bayi!

 

T : tanya. nama asli sy di akte ABDUL MABRURI. kt GusStaquf, hrsnya ABDULLAH MABRURI, apa perlu sy ganti ke catatan sipil Gus?

J : ABDUL itu artinya HAMBANYA. Abdul Mabruri = Hambanya Mabruri. Abdullah = Hambanya Allah. Sekian.

 

T : assalamu’alaikum Gus, apa yg hrs sy lakukan ketika permintaan maaf tidak ditanggapi? Suwun…

J : Wa’alaikumussalam ww. Ya sdh. Kewajibanmu sdh gugur.

 

T : tips biar ndak mudah tersinggung niku nopo gus?

J : Perkuat rasa percaya diri dan anggap yg menyinggungmu berniat baik.

 

T : assalamualaikum..i love you mbah…mmmuuuah…

J : Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.. i love you too :*

 

T : gus nyuwun do’anya smoga sya dapat mlahirkan scr normal,lancar & sehat ibu dan bayi,lg nunggu hari H lairan

J : Rabbunã yasma’uki..

 

T : dan amalan/bacaan apa yg sebaiknya saya baca gus..biar tdk deg2an mhadapi persalinan kelak

J : Baca terus shalawat.

 

T : Assalamualaikum yai untuk selalu sabar itu apa saja yg diperlukan? matur suwon :)

J : Wa’alaikumussalam wrwb. Untuk dapat selalu sabar diperlukan: 1/ pengenalan kepada Allah, 2/ ketetapan dan kerendahan hati.

 

T : Gus, nderek tanglet. Dos pundi hukumipun menawi nglamar pendamelan ngagem Ijazah tumbas (aspal),…

J : Podo karo nggolèk môlô!

 

T : syi’ir mitro sejati puniko karya abah njenwngan nggeh?

J : Nggih.

 

T : gus nderek tanglet, doa qunut bila d pakai pada sholat fardhu selain shubuh bisa tidak?

J : Bisa

 

T : balas budi kpd ke 2 org tua cara yg paling minimal dilakukan seorg ank apa gus?

J : Mendoakan baik untuk mereka.

 

T : pengen menghlangkan minder, paling mujarab cranya gmn Gus?

J : Cari dulu dlm dirimu, apa yg menyebabkanmu minder?

 

T : gus,,,,1. nyuwun tulung,,,Niki enten pertanyaan sangking rencang kulo, bahwa semua manusia tidak ada yang sempurna, dia membantah bahwa rosulullah adalah manusia yang sempurna,,,,,,nyuwun tulung gus

J : Maksudnya tentu: manusia selain Rasul.

 

T : pny hajat yg mendesak biar terkabul, hrs melakukan apa Gus ???

J : Shalat hajat?

 

T : bagaimana cara yg lebih afdol mengamalkan Al-Qur’an?,Apakah cukup hanya membacanya saja

J : Baca, pahami, amalkan.

 

T : maaf yai, yg sy bntu itu kakk& ibu sdri utk berobat.sy sdri nga pnya uang, bs xa cm hutang.tp insya allah bs sy cicil. gmn yai?

J : Boleh, boleh.

 

T : dlm ijazah surah Al-Fatihah yg dibaca 7x itu apkh Iyyaka na’budu wa iyya kanasta’in, atau iyya kanasta’in.

J : Yg terakhir.

 

T : assalamualaikum,Nderek tanya apakah Allah terikat akan dimensi ruang dan waktu?

J : Wa’alaikumussalam wrwb. Tidak.

 

S : Aku berlindung kepadaMu dariMu.

 

T : mulai bosan dg uban

R : UBAN adalah ‘tamu’ yg tulus menasihati ttg singkatnya WAKTU kita.

 

T : Ass.wr.wb musibah bertubi2 menimpa keluarga kami,mohon doanya ya Gus,terimakasih..

J : Wa’alaikumussalam wrwb. Rabbunã yufarrij.

 

T : assalamualaikum wr.wb gus.kalau memberi anak dr bahasa apapun asal artinya baik boleh gus?

J : Wa’alaikumussalam wrwb. Boleh.

 

T : apa bedanya pengajaran dan pendidikan???

J : Pengajaran (ta’lïm) = pemberian informasi dan tidak menjamin perubahan sikap perilaku. Berbeda dg pendidikan (tarbiyah).

 

T : Apa hukumnya laki2 memakai baju warna merah? Kok sy ketemu temen yang melarang saya memakai baju merah? Nuwun.

J : Memang banyak org yg seperti temanmu itu: kalau sendiri tidak suka, lalu melarang org lain. Gak suka duren, lalu mengharamkannya.

 

T : kenapa seb bsr org yg ktk mhsswa idealis tp stlh jd pjbt jd kbawa arus: korupsi

J : Tdk kuat pangkat!

 

T : doa biar urusan lancar apa gus?

J : Sudah pernah kutwitkan: Allahumma yassir lanaa umuuranaa ..

 

T : Selamat pagi Kiai.. Apapun kabar dari Jakarta, semoga kita terus mampu saling mencintai.

J : Ai lop yu pol.!

 

T : Sembahyang: Berdiri, Nungging, Telunkup. Hahahaaa why?? Bisa duduk diam tak? Pantat kau ada BISUL???

J : Kalau kita meladeni org gila, org2 pun bingung: siapa yg gila? Dia atau kita? Jadi biarkan sj dia gila sendiri.

 

S : Orang yg melecehkan dan me-maki2 kita, biasanya orang yg dengki dan putus asa untuk dapat menandingi kita. Jadi kita perlu mengasihaninya.

 

S : KEINDAHAN pun jadi mengerikan, bila kalian tawarankan dengan nada kebencian dan cara kekerasan.

 

T : Assalamu’alaikum, saya mau tanya gus. Setujukah anda dengan tindakan pengusiran FPI d kalteng tempo kemaren ? Mohon bimbingannya :D

J : Wa’alaikumussalam ww. Tindakan tidak menyenangkan biasanya dapat balasan tidak menyenangkan juga, langsung atau tidak.

 

T : kalo mau ngundang ustad buat ngisi pengajian dan dia netapin tarif tertentu. hukumnya gimana mbah?

J : Itu namanya ‘profesional’.:)

 

T : Yai, antara FPI dan pemerintah, siapakah yg lebih mewakili Tuhan?

J : Tanyakan Habib Riziq dan SBY! :)

 

T : Jk menurut ulama2 yg sy hormati gusmus , perjuangan melawan korupsi via twitter lbh banyak mudaratnya, sy akn stop !

J : Perjuangan melawan KORUPSI adalah perjuangan melawan TINDAKAN MERUSAK. Kalau tdk mampu via kekuasaan, via mulut dan pena.

 

T : gmn cara sujud yg benar klo dr i’tidal, lutut dulu atau tangan dlu? Sy pernah baca klo mau sujud jgn spt unta?

J : Mana yg lebih enak menurutmu

 

T : mending kita rekruut orang untuk bunuh koruptor kaya zaman orde baru petrus

J : Ini namanya melawan kejahatan dg kejahatan

 

T : aslm gus, nuwun sewu mau tanya, ayah sy di tawari gadai sawah ttngga unt 5th, bgmna hukumnya? apkah diperbolehkan? Suwun

J : Boleh bila kedua belah pihak sepakat trhdp perjanjiannya ~yg dimengerti oleh keduanya~ dan kedua belah pihak saling ridha.

 

T : Kenapa sih tdk boleh memberantas kejahatan dg kejahatan?

J : Ini pertanyaan apa? Mau semuanya jadi penjahat?

 

T : Gus mengapa kalau Nabi Muhammad SAW dirayakan kelahirannya (Maulud) sedangkan kyai atau ulama dirayakan wafatnya (Haul)?

J : Karena kelahiran Nabi Muhammad menandai zaman. Lahirnya era cahaya hidayah. Di samping faktor kesempurnaan pribadinya.

 

S : السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi dan salam sejahtera. Semoga keselamatan dan kesehatan senantiasa menyertai kita. Ãmïn.

 

S : Tuhanku, segala anugerah duniawi yg mungkin akan Engkau berikan kpdku

limpahkanlah saja kpd mereka yg marah

karena urusan duniawi

agar mereka tak lagi menebarkan kebencian.

Segala anugerah ukhrawi yang mungkin akan Engkau berikan kepadaku

limpahkanlah saja kpd mereka yg sabar

menapak jalan ukhrawi

karena selama hidup mereka menebarkan kasih sayang.

Bagiku kiranya tak ada yang lebih besar ~ tak ada anugerah sebesar apa pun dariMu

dapat mengurangi kebesaranMu ~ : bagiku, ya Tuhan, cukuplah cinta

dan kasih sayangMu.

 

T : gus gmn cara meningkatkan rasa syukur dan ikhlas?

J : Renungkan limpahan2 anugerahNya dan sifat2 agungNya.

 

T : mohon doa / wirid biar semakin kuat,tabah,tegar dlm mnghadapi ujianNya…

J : Panggil2 asma agungNya, Ya Qawiyyu ya Matïn

 

S : لا يؤمن احدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه

Hadis shahïh ini sering ditafsirkan dg: Tdk sempurna iman seseorang di antara kamu sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri.

Pemaknaan ini, menurutku, kurang tepat. Sebab, bila maknanya seperti itu, kalimatnya

لا يؤمن احدكم حتى يحب اخاه كما يحب نفسه.

Lebih tepatnya, Tidak sempurna iman salah seorang di antara kamu, sehingga dia menyukai UNTUK saudaranya, sesuatu yang dia sukai UNTUK dirinya sendiri. Misalnya engkau menyukai hidup tenang, engkau juga mesti menyukai bila saudaranya hidup tenang. Juga sebaliknya, misalnya, jika engkau tak suka diganggu; maka engkau pun tak suka bila saudaramu diganggu. Nah, sudahkah kita dapat menyukai SESUATU untuk saudara kita seperti kita menyukai SESUATU itu untuk diri kita sendiri? Sudahkah benar2 sempurna iman kita? Semoga Allah memudahkan kita untuk itu. Amiin.

 

T : Assalamualaikum yai,bagaimana menghadapi seseorang yang bersikap tidak baik pada kita,meskipun kita selalu baik pada mereka.

J : Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Terus saja bersikap baik kpdnya. Bila dia bersikap tak baik, dia sendiri yg rugi.

 

T : bolehkah kita mengucapkan happy valentine?

J : Lha itu engkau sudah mengucapkannya.. :))

 

T : mo nanya wktu sholat istikaroh yg baik it kapan?

J : Pada waktu engkau ragu2 dan membutuhkan petunjukNya.

 

T : ada yg bilang bgni: kalau kamu sakit jgn minta di sembuhkan, tapi mohonlah ksabaran, bgm..?

J : Yg bilang itu lagi sakit atau tdk?

 

S : Ngawur bukan berani. Hemat bukan bakhil. Dermawan bukan boros. Sombong bukan gagah. Ramah bukan murah. Mengalah bukan lemah….

 

T : Bagaimana mo jd bangsa besar kalo medianya sukanya membesar-besarkan hal-hal kecil.

J : Karena kecil, maka suka mem-besar2kan…

 

T : sbgai seorang kyai, apa yg paling gusmus takuti.?

J : Sebagai hamba, jelas yg kutakuti hanya Tuhanku, Allah.

 

S : Orang tua yg tdk pengertian terhadap anak muda, mungkin lupa dia pernah muda. Anak muda yg meremehkan orang tua, mungkin lupa dia akan tua.

 

S : TWEET JUM’AT: Bukanlah PENCARI KEBENARAN yg sebenarnya ORANG yg tidak mau menerima KEBENARAN dari orang yg tidak disukainya.

 

T : assalamualaikum gus, Gus boleh minta nama untuk anak perempuan saya yang baru lahir hari selasa pagi kemarin? Maturnuwun

J : Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kalau: ANISA (puteri) SUNDUSIA (sebangsa sutera)

 

T : muttafaq alaih itu artinya apa ?

J : telah disepakati; mis. dlm hadis, kesahihannya sdh disepakati. wallahu a’lam.

 

T : Gus, apa benar seorang anak yg pindah agama tdk boleh menghadiri pemakaman org tuanya yg muslim?..

J : Siapa bilang?

 

T : Assalamu ‘alaikum, apkh dajjal itu berwujud seperti raksasa?

J : Wa’alaikumussalam ww. Mungkin ya. Nanti kita buktikan sama2.

T : gmana cara membuktikanya gus?

J : Ya nanti kalau muncul.

 

T : Bedanya Allah S.W.T dgn Allah Azzawajala? Terimakasih

J : Sama saja. Yg 1 dg mensucikanNya, yg lain dg mengagungkanNya.

 

T : gus, wajibkah kita mengikuti salah satu mahzab? Atau bolehkah mencampurkan mahzab empat imam gus?

J : Kalau kita awam, kan tak ada jalan lain kecuali mengikuti ulama yg memahami maksudNya (Quran dan Sunnah). Wallahu a’lam.

 

T : kalo 1/3 malam terakhir itu mulai jam brp smp jam berapa ?

J : Hitung sendiri, mulai dari maghrib, 12 : 3.

 

T : Gus gimana ya biar orang gak ngerendahin kita??

J : Kita jangan di bawah.

 

T : Gus…kalo pengen sowan, ngangsu kaweruh menopo kedah ngagem jilbab?

J : Menawi gadah, saé.

 

T : Asslmlkm Gus, ap beda nurani dan bisikan lain?? Terima kasih

J : Wa’alaikumussalm wrwb. Nurani selalu positif.

 

T : Gus, klo ngungkapin Jancuk, kapan kita boleh & ga bolehnya ya….

J : Boleh di kalangan yg menganggapnya semacam salam.

 

T : Gus,, suka nyimak kasus tipikor?

J : Sudah tidak.

 

T : mhn pencerahan gus..kalo Islam Ahlusunnahwaljamaah itu identik dgn NU ya..?

J : Yg jelas NU mengikuti paham itu.

 

T : Pndpt njengenan ttg mnta tulung pd org pinter gmn Gus?..

J : Anjuran Nabi: bila minta tolong, minta tolonglah kpd Allah.

 

T : Jikalau tahlilan dipakai untuk unjuk keprihatinan apakah afdhol

J : Lalu yg afdhol untuk unjuk apa? :)

 

T : gus,bgaimana cara kita agar trhindar dri sifat sombong??

J : Antara lain: Ingat ASAL dan AKHIR kita!

 

T : sholat istikharoh ap harus malem gus?

J : Setahuku, tidak.

 

T : gus tau tentang PMII dan HMI? baik yang mana?

J : Maaf aku tidak pernah menjadi mahasiswa di Indonesia.

 

T : NU, Muhammadiyah, FPI sm2 ormas kan gusmus ?

J : Komentar orang Jawa: Sing mbok kandani sopo?

 

T : sy lg cari nama utk calon anak laki2 sy. Sy sreg dg nama LANGIT, ada ide…?

J : Bagaimana kalau LANGIT GEMILANG?

 

T : Adakah karya Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim Al Jauziyah yg dijadikan rujukan ulama NU?

J : Lihat2 ulamanya.

 

T : Assalaamu’alaikum. Ana mau tanya ttg bid’ah. Apakah Maulid Nabi Muhammad itu bid’ah ?

J : Biasanya yg suka mem-bid’ah2kan itu orang Wahabi dan mereka yg mengaji kitab2 atau berguru ke guru2 Wahabi.

 

T : kiai menentukan pilihan yg dua-dua ny samar/ga jelas, untuk umat,kriteria apa yg jadikan pedoman, dlm memilih?matur nuwun kiai

J : Sabda Rasulullah SAW Da’ mã yarïbuka ilã mã lã yarïbuk , Tinggalkan sesuatu yg meragukanmu ke sesuatu yg tdk meragukanmu.

 

T : gus sudah yakin dan mau, gimana cara mengutkan itu?

J : Faidzã azamta, fatawakkal ‘alaLlãh!

 

T : ada teman sdh lama sakit ga sembuh2 trus ke ustad ktnya ada banyak jin dlm tubuhnya, gmn hukumnya?

J : Coba tanya ke ahli jin!

 

T : satu lagi gus,bgaimana prbedaan antara menyombongkan & mnsyukuri nikmat??

J : Kamu yg paling tahu!

 

T : sbagian dr kita mungkin memeluk Islam krena keturunan, menurut gus gmana?

J : Ya.

 

T : gus lebih baik mana sholt istiharah sendri apa mexuruh orang lain

J : Sendiri.

 

T : assalamualaikum gusmus mohn pncrahnya, orng israel/yahudi itu sbnrnya kturunan siapa? Apa bnr kturunan nabi ibrahim as.

J : Wa’alaikumussalam ww. ISRAEL itu Nabi YA’QUB bin ISHAQ bin IBRAHIM a.s (Q. 11: 71). Keturunan nabi Ya’qub disebut Bani Israel.

 

S : Di Twitter, kita benar2 merdeka. Maka pandai-pandailah memanfaatkan kemerdekaan kalian.

 

T : Ass wr wb gus , mau tanya . Biar merdeka lahir batin kira kira gimana…

J : Wa’alaikumussalam wrwb. Hayati Lã ilãha illaLlãh!

 

T : pingin kaya raya itu wajar kan Gus ¡

J : Kaya itu mudah sekali. Semakin tdk membutuhkan apa2, semakin kaya kita.

 

T : Ber dzikir ndak pnya wuduk gimana gus?

J : Ndak pa2

 

T : Nyuwun sewu, saya mau bikin warung makan utk mahasiswa, saya harap gus mus berkenan memberi nama warung tsb..

J : MAKNYUSS?

 

T : Apakah bagimu keindahan adalah selalu yang sedap dipandang?

J : KEINDAHAN hampir sama dg KEADILAN. Keadilan= MELETAKKAN sesuatu pd tempatnya. Keindahan= sesuatu TERLETAK pada tempatnya.

 

T : Gus tahu/kenal alm. H.B Jassin? Apa pendapat Gus ttg terjemahan Al Quran beliau?

J : Kenal. Lebih bagus dari punya Depag.

T : Setuju: terjemahan Qur’an oleh HB Jassin lebih inspiratif. Meskipun usaha Jassin dulu difitnah macam2, a.l. Zionis.

J : Tdk dulu, tdk sekarang, selalu saja yg suka memfitnah adalah mereka yg ‘tidak tahu’. Sampai ada ungkapan Andai yg tak tahu, diam

 

T : saya mau bikin taman belajar, mau saya kasih nama Little Turtle, menurut panjenengan pripun gus namanya? Nuwun

J : Mau bikin di mana? Di Inggris atau di Indonesia?

 

T : Pecine panjenengan brp ukuranya Gus?

J : Nomer 9, tinggi 10. Kenapa? Mau kasi aku peci? :))

 

T : mau nanya Gus, apakah msh perlu syariat bagi seseorang yg mampu memahami secara hakikat?

J : Ya.

 

T : gus ayahku sakit dah lama aku sbg anak cuma bs berdoa tapi ayah sll pesimis aku hrs gimana gus? :(

J : Teruslah memberi semangat!

 

T : mksh Gus, satu lagi, apkh baik jika kita sholat jama’ah dgn yg lain yg tdk sekeyakinan/….

J : Salat jama’ah, tdk kenal ‘aliran’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s